Rabu, 10 April 2013

PANEN PADI PROGRAM SLPTT MH 2012/2013

Panen padi program SLPTT TA. 2012 di Desa Beber telah dilakukan mulai minggu ke III Maret - Minggu ke II April 2013, dengan provitas rata-rata 61.25 kw/ha. data di peroleh dari hasil ubinan dan hasil riel petani persatuan luas tanam dari lokasi LL, SLPTT dan Non SLPTT.
Adapun kegiatannya tesaji dalam gambar di bawah ini :


Keragaan Padi Saat Pengisian Biji/Gabah Di salah satu Klp. Tani Pelaksana SLPTT di Besa Beber dengan sisitim tanam Jajar Legowo 4:1 dengan rata-rata Ubinan 5.5 Kg/2.5 x 2.5 M.
Foto pojok kanan bawah merupakan serangan Penyakit Blas Leher yang di sebabkan oleh Pirycularia sp. Jenis Varietas Padi adalah Cilosari.
 
Lokasi Labolatorium Lapangan berjumlah !.00 Ha, dengan paket Saprodi Pupuk, Obat-obatan, ATK, Biaya Pertemuan dan lain-lain. Di lokasi LL ini adalah sebagai ajang pembelajaran bagi anggota klp. tani. Teknis budidaya, pengolahan hasil, Pengenalan OPT, Kelembagaan petani, dll juga di bahas dalam pertemuan SL ini.

Panen di lakukan setelah padi benar-benar masak panen, namun sebelumnya di lakukan pengambilan ubinan dengan jarak 2.5 x 2.5 meter. hasil ubinan 6.0 Kg. Panen sebagian besar petani menggunakan alat manual, tetapi tidak jarang petani menggunakan alat perontok sederhana untuk mengurangi kehilangan hasil. Penerapan mesin panen masih terkendala masalah sosial. Untuk data provitas silahkan lihat disini.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar